Tutorial WordPress Menggunakan Jasa Webhostinganda (WHA) Bagian II – Instalasi Firefox, XAMPP, WordPress pada Komputer Lokal

Pastikan sahabat WHA sudah membaca postingan bagian I karena bagian II merupakan tutorial kelanjutan dari bagian I. Setelah berhasil mendownload Mozilla Firefox, XAMPP, dan WordPress maka langkah selanjutnya yaitu menginstalnya pada komputer kita. Ketiga file tersebut kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

2a

 

Sekarang mari kita instal Mozilla Firefox, XAMPP, dan WordPress secara berturut-turut.

1. Instalasi web browser Mozilla Firefox

a. Instalasi software ini relatif mudah, seperti pada software-software lainnya pada umumnya, yaitu Klik installer yang berekstensi *.exe, lalu klik Next, Pilih Standard Installation, klik Next hingga Finish. Ilustrasinya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

2b

2c

2. Instalasi miniserver lokal XAMPP

a. Instalasi miniserver lokal ini cukup sederhana, tetapi supaya lebih memudahkan dalam mengikuti tutorial ini, maka sahabat WHA kami sarankan untuk menginstalnya di direktori C:\xampp seperti yang dilakukan penulis. Pertama-tama, klik installer XAMPP (berekstensi *.exe). Jika ada peringatan berjudul “User Account Control” maka pilih saja “Yes”.

2d

b. Lalu klik Next sehingga muncul

2e

c. Beri tanda centang pada semua komponen, lalu Next sehingga muncul

2f

d. Folder instalasi biarkan seperti itu saja, lalu klik Next sehingga muncul

2g

Lepaskan tanda centang pada pilihan “Learn more about Bitnami for XAMPP” karena proses instalasi yang akan kita lakukan tidak menggunakan fitur tersebut. Setelah itu, klik Next, klik Next, dan tunggu proses instalasi hingga selesai.

3. Instalasi WordPress pada Komputer Lokal

a. Setelah berhasil menginstal Mozilla Firefox dan XAMPP, kini saatnya sahabat WHA menginstal WordPress pada komputer. Caranya klik kanan file WordPress berekstensi *.zip yang telah didownload lalu klik “Extract Files…”

2h

b. Lalu arahkan ekstraksi ke “C:\xampp\htdocs”, lalu klik OK.

2i

c. Maka akan muncul hasil ekstraksi di folder tersebut seperti ini

2j

d. Apabila telah telah berhasil mengekstrak, maka kini sahabat WHA buka direktori tempat hasil esktraksi, yaitu “C:\xampp\htdocs”, maka akan terdapat folder “Wordpress”. Nah nanti sahabat WHA dapat memiliki beberapa akun WordPress dalam satu folder htdocs (ya iyalah, istri aja boleh lebih dari 1, masa bikin blog ga boleh, hahaha). Untuk itu, kita rename saja folder “Wordpress” tersebut dengan “Wpsaya” supaya mempermudah dalam belajar, walaupun namanya bisa diganti nama istri, gebetan, atau hewan peliharaan kamu, haha.

e. Setelah melakukan rename, maka selanjutnya sahabat WHA harus mengaktifkan dulu lokal server XAMPP dengan cara tekan tombol Start -> All Programs -> XAMPP -> XAMPP Control Panel sehingga muncul kotak dialog seperti ini

2k

f. Lalu klik start pada Apache, MySQL, FileZIlla, dan Mercury sehingga menjadi aktif seperti gambar di atas. Lalu Minimize saja kotak dialog tersebut.

g. Setelah mengaktifkan miniserver lokal, selanjutnya buka Mozilla Firefox lalu ketikkan “localhost/phpmyadmin” seperti gambar di bawah ini

2l

Lalu tekan enter sehingga muncul

2m

h. Lalu klik tab “Databases”

2n

Lalu buat database dengan cara mengetikan nama database, dalam hal ini saya akan menamainya “Wpsayadb” sehingga akan seperti gambar berikut

2o

Lalu klik “Create”. Maka sahabat WHA telah berhasil membuat database dengan nama “Wpsayadb”.

i. Setelah membuat database, maka sahabat buka tab baru, lalu ketikkan “localhost/Wpsaya” dan klik “Create a Configuration File”

2p

Lalu ketik “Let’s Go”

2q

j. Setelah itu akan muncul

 

2r

 

Database name : Wpsayadb

Username : root

Password : [Kosongkan saja]

Database Host : localhost

Table Prefix : [biarkan saja sesuai default]

Lalu klik “Submit”

k. Klik “Run the Install”

2s

l. Lalu akan muncul kotak untuk mengisi berbagai informasi

2t

Isi saja sesuai dengan gambar diatas supaya memudahkan tutorial, untuk passwordnya saya mengisi “adminwha123”. Pastikan kondisi seperti yang tertera pada gambar di atas, lalu klik “Install WordPress”.

m. Selanjutnya akan muncul gambar yang menandakan sahabat WHA telah berhasil menginstal wordpress pada komputer lokal. Untuk mengujinya, sahabat WHA bisa klik login.

2u

2v

Lalu isikan username dan password seperti yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik “Log In” maka akan muncul Dashboard WordPress yang menandakan wordpress telah berhasil diinstal di komputer lokal.

2w

Artikel bagian II cukup sampai disini, pada bagian III kita akan belajar bagaimana membuat tulisan, memposting tulisan, membuat kategori, dsb. Sampai jumpa  pada bagian III ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *